Adang Daradjatun Menghadiri Malam Silaturahmi IKM Kalideres Cetak E-mail
Berita Utama
Jumat, 06 April 2018 23:00

Induk Keluarga Minang (IKM) Kalideres, sebagai salah satu wadah perkumpulan para perantau asal Minangkabau di wilayah kalideres mengadakan malam silaturahmi sekaligus merayakan hari jadi ke lima dibentuknya IKM Kalideres. Induk Keluarga Minang Kalideres dibentuk sendiri oleh para anggotanya dan dikukuhkan oleh IKM Banten, karena belum terbentuknya IKM DKI pada lima tahun yang lalu.

Saat ini IKM Kalideres diketuai oleh Bapak Suryanto. Acara malam silaturahmi IKM Kalideres diadakan di lapangan Bola Semanan, Jl. Semanan Raya, Semanan, Kalideres, Kota Jakarta Barat, dengan Ketua Pelaksana acara Bpk Sulaeman Malik, S.E. Acara dilaksanakan pada hari Jum’at, Tanggal 6 April 2018 yang dimulai pukul 20.00 WIB.

Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun, selaku Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera dari Dapil DKI 3 yang terdiri atas Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu, berkenan hadir dalam acara ini setelah mendapatkan undangan dari panitia acara dan IKM Kalideres secara resmi.

Dalam sambutannya Bpk Adang menyampaikan pantun untuk IKM Kalideres

“Jalan-jalan ke Kota Padang, ke Bukit Tinggi melihat Jam Gadang,

Terima kasih Induk Keluarga Minang, telah mengundang Saya datang.”

Setelah menyampaikan sambutan, ada acara “surprise” yang dilaksanakan IKM Kalideres yaitu pengangkatan Bpk. Adang sebagai Mamak IKM Kalideres. Acara ini disaksikan juga oleh Ibu  Hj.  Yemmelia, S.E., M.Si. selaku Sekjen DPP IKM Pusat. Dalam Adat Minangkabau, kedudukan mamak memegang peranan yang  penting. Mamak berperan sebagai pelindung anggota keluarga. Mamak juga bertanggungjawab terhadap kemenakan. Dalam minangkabau, mamak selalu menjadi pembicaraan.

Dalam sambutannya Ibu Yemelia menyampaikan sebuah pepatah mingang “anak dipangku, kamanakan dibimbiang”. Jadi Mamak berkewajiban membimbing kemenakannya. Membimbing berarti mendidik dalam hidup secara individu dan sebagai anggota masyarakat.

Acara dilanjutkan dengan hiburan musik dan permainan yang populer dilaksanakan dalam acara-acara masyarakat Minangkabau yang disebut KIM. (09/04/2018.TGN)


AddThis
 

Silaturahim ke MT Baitul Iman Lagoa Jakarta

News image

Majelis Ta’lim Baitul Iman yang teletak di Jl. Lagoa Terusan, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, secara rutin mengadakan pengajian dan pendidikan keagaman ...

Senin, 6 Agustus 2018

Silaturahim Ke MT Nurul Hasanah Jakarta

News image

  MT Nurul Hasanah yang terletak di Jalan Bandar Ujung, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, pada hari senin selepas isya mengadakan pengajian...

Minggu, 5 Agustus 2018

Mengunjungi Masyarakat Pasar TImbul Jakarta Barat

News image

Pada masa reses masa sidang II, tahun 2014/2015, Bpk Drs. H. Adang Daradjatun pernah menyambangi Pasar Timbul yang berlokasi di Kelurahan Kapuk, Kec...

Jumat, 3 Agustus 2018

next
prev