RDPU dengan Asosiasi Pengusaha Keramik Cetak E-mail
Berita Utama
Kamis, 12 Oktober 2017 22:00

Pada Hari Kamis, Tanggal 12 Oktober 2017, Komisi VI DPR RI mengadakan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) dengan Asosiasi Aneka Industri Keramik Indonesia (ASAKI) yang pada saat diterima asosiasi dipimpin Ketua Umum ASAKI Bpk. Elisa Sinaga.

Dalam RDPU disampaikan permasalahan yang telah dihadapi oleh para pengusaha keramik, khususnya para pengusaha keramik tile (ubin), dalam menghadapi gempuran produk luar. Selain itu, pengusaha juga menyampaikan tingginya biaya gas sebagai salah satu komponen biaya terbesar dan tingginya biaya logistik antar pulau melalui angkutan kapal laut di Indonesia yang akhirnya menyebabkan produk lokal kurang dapat bersaing dengan produk luar, khususnya China.

Pada sesi pendalaman Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun menanyampaikan keprihatinan atas keadaan yang terjadi pada industri keramik lokal dan menanyakan bagaimana DPR RI, Khususnya Komisi VI dapat mendukung industri keramik lokal khususnya berkenaan dengan penerapan ASEAN-China Free Trade Agreement (ACFTA).

Setelah melakukan pendalaman dapat ditarik beberapa kesimpulan yang dapat membantu memperkuat posisi pelaku industri keramik lokal yaitu diantaranya :

  1. Dilakukan penurunan Bea bertahap.
  2. Mohon juga pembatasan pelabuhan masuk import. Pelabuhan2 di Pulau Jawa menjadi prioritas untuk ditutupnya pengiriman langsung dari luar.
  3. Pembatasan besarnya import, baik dalam jumlah maupun nilai.
  4. Pengecekan SNI di pelabuhan tidak hanya pengecekan surat. Aturan harus dibuat agar produk diperiksa dinegara asal sebelum dikirim masuk ke indonesia dan dipelabuhan dilakukan pengecekan ulang.
  5. Impor keramik hanya dapat dilakukan oleh importir terdaftar yang memperoleh rekomendasi dari kementerian terkait. Importir yang akan diberikan rekomendasi harus diperiksa secara teliti (gudang, distribusi, dll) dan dibatasi jumlah dan  kuota barang bagi tiap-tiap Importir. (15/10/2017.TGN)

AddThis
 

Adang Daradjatun Resmikan Pasar Nangka Baru, Jakarta Barat

News image

Masyarakat Tegal Alur yang biasanya dapat memenuhi kebutuhan belanja dapur sehari-hari di Pasar Nangka, tidak dapat lagi dapat belanja di pasar yang...

Rabu, 21 Februari 2018

Adang Daradjatun Berkunjung Ke Mangga Besar

News image

Pada hari selasa, 20 Februari 2018, pukul 09.00 WIB, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun menhadiri acara Ta’lim Bulanan Mushola Miftahul  Jannah, yang ber...

Selasa, 20 Februari 2018

Dengar Pendapat dengan Masyarakat Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melaksanakan forum dengar pendapat dengan penyuluh agama dan majelis ta'lim. Forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan si...

Senin, 12 Februari 2018

next
prev