Raker dengan Menteri Keuangan Perihal PP 72/2016 Cetak E-mail
Berita Utama
Rabu, 08 Februari 2017 22:00

Pada tanggal 08 Februari 2017, Pukul 10.00 WIB, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun bersama dengan Komisi VI DPR RI menyelenggaran Rapat Kerja dengan Menteri Keuangan Ibu Sri Mulyani Indrawati, S.E., M.Sc., Ph.D, dengan agenda pembahasan : PP No.72 Tahun 2016 mengenai Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 44 Tahun 2005 Tentang Tata Cara Penyertaan Dan Penatausahaan Modal Negara Pada Badan Usaha Milik Negara Dan Perseroan Terbatas. Ibu Sri Mulyani menggantikan sementara Menteri BUMN dalam memenuhi panggilan DPR untuk berkonsultasi perihal Kementerian BUMN sebagai Mitra Komisi VI.

Salam sesi presentasi Menteri Keuangan menyampaikan bahwa PP 72/2016 hanya menegaskan proses pengalihan (inbreng) saham dalam rangka pembentukan Holding dan tidak mengatur tentang penjualan saham BUMN (privatisasi). Privatisasi dilakukan berdasarkan UU 17/2003 tentang Keuangan Negara dan PP 33/2005, serta harus tetap melalui persetujuan DPR.

Hal lain yang disampaikan adalah Holding BUMN dilakukan untuk memberikan nilai tambah berupa penguatan sinergi BUMN, kemandirian financial melalui peningkatan kapasitas, leverage dan efisiensi operasional serta fleksibilitas dalammelakukan corporate action yang pada akhirnya akan menjadikan kinerja BUMN semakin baik.

Fraksi PKS menanggapi diterbitkannya PP 72 tahun 2016 mengkhawatirkan atas mekanisme pemindahan kepemilikan saham yang tidak melalui mekanisme APBN dapat berpotensi sebagai kendaraan pengalihan/penjualan barang milik negara. Fraksi PKS juga memiliki kekhawatiran PP ini akan bertentangan dengan spirit UU BUMN baru yang sedang dibahas sebagai revisi atau pengganti UU BUMN No 19 Tahun 2003 yang masih berlaku saat ini.

Dalam sesi penutup, Menteri Keuangan meyakinkan Komisi VI bahwa PP ini dikeluarkan tidak didimaksudkan untuk melemahkan fungsi pengawasan Komisi VI DPR RI di BUMN maupun BUMN yang dijadikan anak usaha pada BUMN Holding. (13/02/2017.TGN)


AddThis
 

Adang Daradjatun Resmikan Pasar Nangka Baru, Jakarta Barat

News image

Masyarakat Tegal Alur yang biasanya dapat memenuhi kebutuhan belanja dapur sehari-hari di Pasar Nangka, tidak dapat lagi dapat belanja di pasar yang...

Rabu, 21 Februari 2018

Adang Daradjatun Berkunjung Ke Mangga Besar

News image

Pada hari selasa, 20 Februari 2018, pukul 09.00 WIB, Bpk. Drs. H. Adang Daradjatun menhadiri acara Ta’lim Bulanan Mushola Miftahul  Jannah, yang ber...

Selasa, 20 Februari 2018

Dengar Pendapat dengan Masyarakat Jakarta

News image

Drs. H. Adang Daradjatun melaksanakan forum dengar pendapat dengan penyuluh agama dan majelis ta'lim. Forum tersebut bertujuan untuk meningkatkan si...

Senin, 12 Februari 2018

next
prev