Hadapi MEA, Bang Adang: IKM Harus Mampu Bersaing dengan Hasil Industri dari Negara ASEAN Cetak E-mail
Berita Utama
Senin, 17 Oktober 2016 13:00

 

BangAdang.com, Jakarta (Senin, 17 Oktober 2016) – MEA (Masyrakat Ekonomi ASEAN) yang sudah berjalan, membawa peluang dan tantangan bagi Indonesia. Melihat tantangan ini, Bang Adang (Drs. H. Adang Daradjatun, Anggota Komisi VI DPR RI F-PKS) menegaskan bahwa IKM harus mengambil peran besar dalam kancah MEA.

Pada pembukaan kegiatan “Bimbingan Kewirausahaan dan Teknis Produksi Wirausaha Furniture dan Konveksi” yang dilaksanakan oleh Kementerian Perindustrian di Hotel Twin Plaza, Jakarta Barat, Bang Adang memberikan sambutan.

“IKM di Indonesia harus mampu bersaing dengan hasil industri dari negara-negara ASEAN lainnya” tegas Bang Adang

Pelaku IKM harus berusaha menciptakan produk inovatif berdaya saing tinggi dan turut didukung oleh sumber daya manusia yang profesional. Pelaku IKM juga harus memiliki kompetensi dasar yang mumpuni serta mampu menjadi pemain di pasar dalam negeri maupun luar negeri.

MEA memberikan peluang dan tantangan bagi negara anggota ASEAN termasuk Indonesia. Satu sisi merupakan peluang karena memberikan kesempatan bagi pelaku usaha di Indonesia berekspansi ke wilayah ASEAN tanpa adanya hambatan. Namun di sisi lain merupakan tantangan karena keran perdagangan internasional akan terbuka luas bagi produk luar negeri masuk ke Indonesia.

Tidak lupa, Bang Adang mengapresiasi Kementerian Perindustrian, terutama Ditjen IKM, yang mengadakan kegiatan bimbingan teknis di Jakarta Barat. Hal tersebut menunjukkan bentuk keseriusan Kementerian Perindustrian dalam menumbuhkan wirausaha IKM baru terutama di bidang furniture berbahan baku kayu dan konveksi busana muslim.

Peserta diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan bimbingan teknis dengan sebaik-baiknya agar usaha yang akan maupun telah mereka rintis dapat tumbuh dan berkembang sehingga di masa depan menjadi pengusaha tangguh guna mewujudkan kesejahteraan masyarakat Indonesia yang lebih baik.

Pembukaan kegiatan bimbingan teknis ini turut pula dihadiri oleh Direktur IKM Pangan, Barang dari Kayu, dan Furniture Kementerian Perindustrian, Dr. Ir. Sudarto, MM, dan perwakilan Dinas Perindustrian dan Energi DKI Jakarta, Anwar. (BTA)

Berikut Foto Kegiatannya


AddThis
 

Silaturahim ke MT Baitul Iman Lagoa Jakarta

News image

Majelis Ta’lim Baitul Iman yang teletak di Jl. Lagoa Terusan, Lagoa, Koja, Jakarta Utara, secara rutin mengadakan pengajian dan pendidikan keagaman ...

Senin, 6 Agustus 2018

Silaturahim Ke MT Nurul Hasanah Jakarta

News image

  MT Nurul Hasanah yang terletak di Jalan Bandar Ujung, Rawa Badak Selatan, Koja, Jakarta Utara, pada hari senin selepas isya mengadakan pengajian...

Minggu, 5 Agustus 2018

Mengunjungi Masyarakat Pasar TImbul Jakarta Barat

News image

Pada masa reses masa sidang II, tahun 2014/2015, Bpk Drs. H. Adang Daradjatun pernah menyambangi Pasar Timbul yang berlokasi di Kelurahan Kapuk, Kec...

Jumat, 3 Agustus 2018

next
prev